Saturday 3 September 2016

Pengertian dan Fungsi Hard Disk Komputer

Pengertian Hard Disk

Hard disk atau hardisk merupakan salah satu komponen perangkat keras pendukung komputer yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia. Hardisk biasanya berbentuk kotak dan di dalamnya terdapat piringan tempat data-data tersimpan. Hardisk bersifat menyimpan data secara paten, walaupun komputer dalam keadaaan mati, data yang ada dalam hardisk akan tetap ada.

Fungsi Hardisk

Fungsi Hardisk ialah untuk menyimpan data secara permanen kedalam sektor-sektor yang terdapat pada disk yang telah tersedia di dalamnya untuk di read atau write, berbeda dengan RAM yang fungsinya hanya untuk menyimpan data secara sementara. Oleh karena itu peranan hardisk sangatlah vital.

Sebelum bisa digunakan, hardisk harus terlebih dahulu di partisi sesuai dengna format pada sistme operasi yang digunakan user. Contoh, dalam sistem operasi windows, format partisi pada hardisk biasanya jenis NTFS. Hal ini menjadi penting untuk dilakukan, agar sistem operasi dapat mengenali dan menggunakan hardisk sesuai dengan format yang digunakan dalam sistem operasi tersebut.

No comments:

Post a Comment