Thursday 4 August 2016

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Pengertian Software


Software merupakan sebuah perangkat lunak yang tidak dapat disentuh maupun dilihat wujud fisiknya. Sekalipun tidak berwujud fisik, keberadaan software sangat penting dalam pengoperasian sebuah perangkat komputer. Istilah software sebenarnya mengacu kepada sekumpulan instruksi atau baris kode yang telah terorganisasi. 

Software dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman dan utilitas terkait. Bahasa pemrograman dan utilitas terkait ini bisa dalam bentuk program tunggal seperti script interpreter, dalam bentuk paket yang didalamnya terdapat compiler, linker dan tools pendukung lainnya atau dalam bentuk IDE (Integrated Development Environtment) seperti Eclipse yang didalamnya sudah terdapat editor, debugger, dan tools pendukung lainnya untuk membuat bahasa pemrograman.

Pembagian Software Menurut Jenisnya :
  • Sistem Operasi (Operating System)
Software jenis ini memiliki fungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan semua komponen dan fungsi komputer. Sistem operasi harus ada di setiap komputer user karena akan menjembatanai interaksi antara komputer dan user. Beberapa contoh sistem operasi diatnaranya adalah DOS, Windows, UNIX, dan Linux.
  • Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Software jenis ini memberikan instruksi standar yang melibatkan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program aplikasi komputer. Ada banyak sekali bahasa pemrograman diantaranya adalah Java, PHP, dan Microsoft Visual Basic (VB).
  • Application Program (Program Aplikasi)
Software jenis ini ialah software yang ditujukan untuk kegunaan khusus yang diperlukan user, misalnya untuk mereka yang memerlukan software untuk akuntansi, presentasi, perpustakaan dan lain-lain. Semua program aplikasi dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman. Beberapa cotoh program aplikasi adalah Microsoft Office Word yang digunakan untuk membuat dokumen atau laporan, Myob untuk akuntansi, Microsoft Office Power Point untuk presentasi dan lain sebagainya.

Pembagian Software Menurut Pendistribusiannya :
  • Adware
Software ini umumnya bersifat gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul dalam aplikasi tersebut.
  • Freeware
Software ini bersifat gratis dan dapat digunakan tanpa batas waktu tertentu (bersifat permanen). Umumnya, software jenis ini memiliki fitur-fitur yang kurang lengkap dan kurang powerfull.
  • Shareware
Software jenis ini memiliki batasan waktu tertentu dalam penggunaannya dan mengharuskan pengguna melakukan validasi kepemilikan dengan membeli serial number.
  • Spyware
Software yang mampu memata-matai aktifitas pengguna komputer. Software jenis ini sering disalahgunakan, misalnya untuk mencuri data dari user yang memasang software tersebut.
  • Open Source
Software yang memungkinkan user untuk dapat merubah, meningkatkan dan menyebarluaskannya kembali dengan bebas, karena kode sumbernya (source code) dapat dibuka. Umumnya software ini bersifat gratis dan dikembangkan oleh perorangan atau komunitas dan memiliki lisensi GPL (General Public License).

Sumber gambar : 
http://www.technoblink.com/wp-content/uploads/2016/08/computer-software.jpg

No comments:

Post a Comment